Kuliah Semester Gasal

Bahan kuliah pada halaman  ini merupakan sajian penyampaian dosen di dalam kelas di luar diskusi. Bahan ini dihadirkan kepada mahasiswa agar lebih awal bisa mempelajari dan mengkajinya sebelum proses perkuliahan.

Sudah barang tentu apa yang ada di halaman ini sifatnya tidak selengkap ketika perkuliahan berlangsung.

Selamat belajar, mari kita kembangkan setiap sesi perkuliahan kita seiring perkembangan pemikiran akademis yang kian dinamis

salam nur s

1.Pengelolaan Kelas

Pengelolaan kelas merupakan keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi pembelajaran yang kondusif dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses pembelajaran tersebut. Kegiatan-kegiatan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang kondusif bagi terjadinya proses pembelajaran ini misalnya menghentikan tingkah laku siswa yang membuat perhatian kelas teralihkan, memberikan ganjaran kepada peserta didik yang telah melakukan tugasnya dengan baik, atau menetapkan norma kelompok yang harus ditaati bersama.

Pengelolaan kelas merupakan prasyarat mutlak bagi terjadinya proses pembelajaran yang efektif dengan cara menciptakan situasi yang kondusif. Suatu kondisi belajar yang kondusif dapat tercapai jika guru mengatur peserta didik dan sarana pengajaran serta mengendalikannya dalam suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pengajaran, serta hubungan interpersonal yang baik antara guru dan peserta didik, peserta didik dengan peserta didik.

 Kuliah Pengelolaan Kelas silakan klik di PENGELOLAAN PPT

 

2.Statistik Pendidikan

Standar Kompetensi

Bersikap teliti dan cermat serta trampil dalam menggunakan statistik sebagai alat analisis penelitian pendidikan.

Deskripsi Mata Kuliah

Berisi tentang perhitungan kwantitatif yang sering dilakukan pada analisis penelitian kwantitatif

Urgensi Mata Kuliah

Mengantarkan mahasiswa mempunyai keterampilan dalam perhitungan statistik pendidikan

Strategi, Metode dan Kegiatan Perkuliahan

  1. Strategi perkuliahan ini lebih banyak menggunakan model inquiry dengan  pendekatan student centered learning (pembelajaran berpusat pada mahasiswa)
  2. Metode perkuliahan ini menggunakan ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok dan penugasan terstruktur.

Sumber Belajar

  • JP. Guilford, Fundamental Statistic Psicology and Education
  • Anas Sudjiono, Pengantar Statistik Pendidikan
  • Sudjana, Metode Statistik
  • Moh. Nazir, Metode Penelitian
  • Kasiram, Teknik Yule’s Q
  • IB Netr, Statistic Inferential

Bahan Kuliah Statistik Pendidikan silakan copy diktat dosen.

Latihan UTS silakan klik di latihan uts stak

3.Penelitian Kolektif

Deskripsi Perkuliahan

Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai konsep dasar penelitian, metode dan prosedur penelitian. Model-model penelitian kelompok, mengkaji dan mengevaluasi serta menafsirkan hasil penelitian. Menyusun rancangan dan sistem pelaporan penelitian yang dilaksanakan secara berkelompok.

Standar Kompetensi

Mahasiswa dapat memahami dan menerapkan jenis-jenis penelitian; baik untuk tugas akhir masa kuliahnya maupun dalam penelitian praktis di kemudian hari, baik yang dilaksanakan secara individual maupun kelompok.

Bahan kuliah Penelitian kolektif silakan klik  di sini

4.Fiqih 2

Deskripsi Mata Kuliah

Secara umum, fiqh dapat dipahami sebagai sebuah aturan main dalam kehidupan yang berporos pada Al-Qur’an dan al-Hadis, meskipun -sebagai sebuah formulasi hukum- ia merupakan produk ijtihad seorang mujtahid. Ia berisi kewajiban-kewajiban yang diyakini dari Tuhan untuk umat manusia agar manusia dapat berprilaku positif. Ketundukan manusia terhadap fiqh ini akan menjadi indikasi “kesalehan manusia” baik di hadapan Tuhannya maupun di tengah-tengah kehidupan manusia.

Sebagai sebuah aturan, fiqh mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya dan juga mengatur hubungan manusia dengan sesama bahkan dengan alam sekitarnya. Dua fungsi ini menjadikan fiqih terpetakan menjadi dua yaitu pertama  fiqh Ibadah yang lebih menekankan pada spek kesalehan individual, kedua fiqh muamalah yang lebih menekankan pada aspek kesalehan sosial.

Pada macam pertama, fiqh mengantarkan manusia untuk dapat berhubungan baik dengan Sang Maha Pencipta. Sedangkan pada macam yang kedua mengantarkan manusia untuk menjalin hubungan baik kepada sesamanya. Fiqh muamalah yang mempunyai pengertian seperti ini di kalangan Ulama’ fiqh dikenal sebagai fiqh muamalah dalam pengertian luas, di mana kemudian menjadi sillaby mata kuliah fiqih 2.

Standar Kompetensi:

Mahasiawa mampu memahami, menjelaskan dan menerapkan obyek kajian peraturan yang menyangkut hubungan manusia dengan sesamanya dalam hal muamalah

Bahan kuliah Fiqih2 silakan klik di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s